TEKNIK DESAIN KOLAM RENANG

Semua orang pasti tahu syarat paling mendasar dari sebuah kolam renang adalah menyediakan wadah untuk menampung air. “Cangkang” beton tidak boleh bocor dan harus cukup kuat untuk menahan getaran atau pergerakan yang terjadi di dalam tanah.

Itulah sebabnya mengapa sejak awal desain suatu kolam renang harus dikerjakan oleh jasa desain kolam renang yang handal dan terpercaya. Desain kolam renang bukan hanya sekedar tampilan yang indah tetapi juga masalah struktur dan teknis untuk menciptakan kolam renang yang kuat dan tahan lama.

Penting untuk diingat bahwa air adalah benda yang sangat berat. Sebuah kolam kecil dengan ukuran 4 x 5 x 1,6 m akan berisi 32 metrik ton air. Jadi sejak awal desain kolam tersebut harus dibuat untuk dapat menahan beban yang besar itu.

Seorang pelaku jasa desain kolam renang yang baik, juga harus memperhatikan kondisi tanah yang akan menjadi tempat kolam renang tersebut di bangun. Tanah di sekitar kolam memang akan membantu struktur kolam renang dalam menahan bobot namun tidak semua jenis tanah akan memberikan dukungan yang bagus untuk struktur kolam rennag.

Jika tanahnya memiliki struktur yang padat seperti tanah liat, kolam mungkin akan mendapat banyak dukungan dari tanah sekitarnya. Namun, jika tanahnya ringan dan keropos atau telah terkikis oleh aliran air di bawah tanah, maka ada kemungkinan yang cukup besar bahwa terdapat rongga udara yang dapat mengurangi dukungan untuk kolam dan ini dapat mengakibatkan konsentrasi tekanan di tempat-tempat tertentu pada dinding atau lantai kolam.

Jika kolam bertumpu pada tanah yang kokoh di satu sisi tetapi tanpa dukungan di sisi lain, atau lebih buruk lagi, kolam terletak pada daerah lereng bukit, maka struktur dasar kolam bisa mendapatkan tekanan yang sangat besar tanpa mendapatkan dukungan dari tanah sekitarnya.

Dalam kondisi seperti ini, sangatlah penting menggunakan jasa desain kolam renang untuk merancang struktur yang kuat untuk kolam renang tersebut. Anda mungkin pernah melihat ada beberapa kolam yang memiliki kantilever di lereng bukit untuk memberikan efek dramatis tetapi jenis desain seperti ini tentunya memiliki banyak aspek yang perlu diperhitungkan agar memiliki keamanan yang terjamin.

Jadi jika anda menginginkan jenis desain yang menggunakan kantilever, maka anda juga harus memastikan bahwa anda menggunakan jasa desain kolam renang yang handal dan terpercaya, dan akan lebih baik lagi jika telah memiliki pengalaman dalam membuat desain kolam renang yang menggunakan kantilever.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *