Profesi programmer semakin diminati

Programmer adalah sebuah profesi yang membuat program untuk komputer ataupun smartphone. Saat ini ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi programer karena melihat potensi masa depan dari seorang programer.

Seorang programmer tidak perlu melamar pekerjaan ke sebuah perusahaan karena program warisan membuat sendiri programnya. Namun tentu untuk mendaftarkan sebuah perusahaan juga menjadi opsi bagi sebagian besar orang.

Jika anda ingin menjadi program untuk sebuah game developer maka tentunya anda tidak bisa mengembangkan sendiri game anda. Anda harus berada di dalam sebuah tim kerja yang cukup besar untuk mengerjakan game tersebut.

Berbeda dengan seorang web developer yang bisa bekerja sendiri. Jadi tergantung dari profesi apa yang nantinya akan anda pilih. Saat ini ada banyak sekali orang yang tertarik untuk menjadi programmer dan memilih untuk belajar secara otodidak.

Sebenarnya ini adalah sesuatu yang tidak direkomendasikan karena belajar secara otodidak akan memerlukan waktu yang sangat lama. Sebagai contoh jika anda ingin menjadi seorang web developer, itu berarti anda harus menguasai 5 bahasa pemrograman.

Setidaknya anda harus menguasai html, css, javascript, php, dan sql jika anda ingin menjadi seorang web developer. Akan memakan banyak sekali trial dan error jika anda melakukan proses pembelajaran ini secara otodidak. Akan lebih efisien, cepat, dan efektif jika anda belajar dengan bantuan mentor.

Anda bisa mendapatkan mentor seorang programmer yang sudah pro jika anda mendaftarkan diri anda pada sebuah kursus bahasa pemrograman. Seorang mentor berfungsi untuk membantu anda mengatasi kendala-kendala yang muncul di dalam proses pembelajaran anda.

Mentor juga bisa mengarahkan anda untuk menguasai pengetahuan pengetahuan dasar terlebih dahulu sebelum anda melanjutkan ke jenjang pengetahuan yang lebih tinggi lagi. Hal inilah yang membuat belajar dengan bantuan mentor di sebuah kursus pemrograman akan lebih efektif dibandingkan jika anda belajar secara otodidak.

Anda tidak perlu terlalu khawatir dengan biaya kursus bahasa pemrograman karena biaya kursus ini relatif terjangkau dibandingkan kursus-kursus keterampilan lainnya. Yang penting anda mempunyai alat-alat bantu yang diperlukan untuk melakukan praktek di dalam bahasa pemrograman ini.

Anda juga harus disiplin dalam mempelajari suatu bahasa pemrograman karena jika anda tidak disiplin dan fokus maka proses pembelajaran anda juga bisa berlangsung lebih lama. Jika anda mau melihat potensi pasarnya saat ini maka menjadi seorang programmer, web developer, game developer, aplikasi developer, dan lain sebagainya masih mempunyai potensi yang luar biasa besar.

Anda juga harus belajar bahasa inggris karena pada umumnya jurnal dunia pemrograman itu ditulis dalam bahasa inggris. Akan selalu ada perkembangan perkembangan terbaru di dalam dunia pemrograman sehingga anda perlu menguasai update terkini dari pemrograman yang anda pelajari. Jadi profesi seorang programmer memang mempunyai potensi yang sangat besar tetapi anda juga harus mengetahui apa yang diperlukan untuk bisa menjalani profesi programmer ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *