PERBEDAAN VPS DAN VPN

Saat anda mulai menjajaki dunia website dengan lebih serius, anda mungkin akan bertemu dengan istilah VPS dan VPN. Karena namanya yang hampir sama, anda mungkin berpikir bahwa VPS dan VPN adalah hal yang sama. Padahal VPS dan VPN merupakan dua hal yang jauh berbeda. Untuk lebih memperjelas perbedaan VPS dan VPN maka kami menyediakan pengertian dari VPS dan VPN sebagai berikut:

Virtual private server (VPS)

VPS merupakan salah satu jenis web hosting. Beberapa beberapa jenis web hosting yang cukup umum ditemukan di Indonesia antara lain shared hosting, dedicated server dan VPS. Untuk masalah harga, shared hosting lebih murah dibandingkan VPS namun VPS masih lebih murah jika dibandingkan dengan dedicated server. Jadi bisa dikatakan, dalam masalah harga vps berada di tengah-tengah shared hosting dan dedicated server. Provider web hosting merupakan perusahaan yang menawarkan teknologi dan layanan yang dibutuhkan agar website Anda dapat online.

Beberapa layanan yang disediakan oleh provider web hosting antara lain pembelian nama domain, menyediakan ruang penyimpanan serta koneksi internet dan hal-hal lainnya yang dibutuhkan agar suatu website dapat terhubung ke internet dan dapat diakses oleh para pengguna internet. Saat ini vps merupakan salah satu jenis layanan web hosting yang banyak digemari oleh blogger di Indonesia. Sesuai dengan namanya, GPS membuat sistem manual server di mana satu server dibagi menjadi beberapa bagian namun setiap pengguna server dapat merasakan fasilitas dedicated server seolah-olah server tersebut hanya ditujukan untuk mereka.

Hal ini dapat terjadi karena adanya partisipasi antara pengguna server di dalam satu server. Sehingga setiap pengguna website memiliki kebebasan untuk mengatur websitenya tanpa perlu dipengaruhi oleh tindakan dari pengguna website lain di dalam satu server.

Virtual private Network (VPN)

Sebaliknya, VPN merupakan hal yang sangat berbeda dibandingkan dengan VPS. PPN merupakan layanan di mana anda dapat terhubung melalui server penyedia layanan VPN dan melakukan pengiriman atau penerimaan data di server tersebut seolah-olah menggunakan jaringan pribadi. Sehingga dengan menggunakan VPN Anda dapat melindungi data anda dengan tampil secara anonim. Singkatnya, VPN merupakan jalur koneksi internet yang mengamankan informasi anda dari siapapun yang memantau aktivitas internet anda.

VPN akan melindungi data yang Anda kirim dan terima, serta menyembunyikan alamat IP anda. Dengan menggunakan VPN Anda dapat menyamarkan lokasi keberadaan anda. Anda saat ini mungkin berada di Indonesia, namun VPN dapat membuat anda seolah-olah terkoneksi dari negara lain seperti Malaysia, Vietnam dan sebagainya tergantung dari pilihan PPN yang Anda gunakan. Inilah yang dimaksud dengan VPN dapat menyembunyikan alamat IP anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *