Pentingnya Penerangan Jalan Di Malam Hari

Jalanan adalah sesuatu yang sangat vital bagi keperluan suatu masyarakat. Hal itu dikarenakan jalanan merupakan tempat masyarakat untuk menuju ke tempat aktivitasnya.

Yang menjadi masalah adalah saat ini masih ada banyak jalanan yang tidak dilengkapi dengan penerangan jalan umum atau PJU. Padahal ada banyak sekali orang yang masih beraktivitas pada malam hari.

Sering kita mendengarkan berita terjadinya kecelakaan atau tindak kejahatan pada daerah yang tidak dilengkapi dengan PJU. Oleh karena itu seringkali masyarakat berswadaya untuk mengadakan alat penerangan jalan di lingkungan mereka.

Ada yang melakukannya dengan cara yang sederhana yaitu memasang lampu daya rendah di depan rumahnya masing-masing. Namun ada juga lingkungan yang berusaha untuk mengadakan lampu penerang jalan yang mempunyai kualitas yang baik. Sebenarnya untuk bisa mendapatkan penerangan jalan umum yang mempunyai kualitas yang baik adalah tanggung jawab pemerintah daerah.

Namun masyarakat seringkali harus mengambil inisiatif sendiri karena tidak adanya respon dari pemerintah setempat. Salah satu solusi penerang jalan yang cukup praktis untuk dilakukan oleh warga adalah penggunaan solar cell.

PJU solar cell adalah sistem penerangan jalan yang mengandalkan solar cell sebagai sumber daya listriknya. Sistem kerjanya sangat sederhana di mana solar cell akan menghasilkan energi listrik pada siang hari dan mengisi baterai dan pada jam-jam tertentu PJU akan diaktifkan oleh sensor cahaya dan mengkonsumsi daya yang disimpan di baterai.

Menggunakan PJU ini adalah solusi yang sangat praktis karena masyarakat tidak perlu menarik kabel dari saluran listrik PLN. Hanya dengan bermodalkan tiang maka lampu PJU solar cell ini bisa dipasang di tempat manapun yang diinginkan.

Lampu PJU solar cell ini mempunyai daya sekitar 80 w dan bisa menghasilkan sekitar 12800 km. Ini adalah cahaya yang tergolong sangat terang sehingga bisa diandalkan pada saat malam hari. Yang menjadi masalah adalah pengadaan PJU ini biayanya masih cukup mahal bagi sebuah daerah yang tidak padat penduduk.

Untuk kawasan yang padat penduduk tentu saja penduduknya bisa bersua daya mengumpulkan uang untuk pengadaan lampu penerangan solar cell ini. Harga satu unit lampu PJU solar cell paket lengkap adalah sekitar rp4.000.000. Jadi jika setiap 100 m dipasang 1 lampu PJU ini maka beberapa keluarga di sisi kanan kiri jalan bisa bersoda ya untuk menyediakan anggarannya.

Tapi lampu penerangan jalan seperti ini bukan solusi yang murah untuk kawasan yang sepi penduduk. Oleh karena itu di banyak daerah di Indonesia kita masih sering melihat ada banyak jalanan yang panjang namun tidak dilengkapi dengan lampu penerangan jalan.

Lampu PJU solar cell all in one seperti ini adalah solusi yang sangat baik untuk daerah-daerah wisata yang berada di tempat-tempat yang terpencil. Karena biasanya tempat-tempat terpencil ini mempunyai tempat wisata yang masih asri. Jika anda tertarik untuk membeli lampu PJU solar cell ini maka sebaiknya anda menghubungi distributor yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *