Pentingnya merawat laptop secara rutin

Laptop adalah salah satu peralatan kerja yang saat ini sudah sering sekali kita temui dimana-mana. Hampir sama orang yang bekerja dengan kepengurusan data menggunakan laptop di dalam aktivitas kesehariannya.

Bahkan anak kecil pun sudah banyak menggunakan laptop walaupun sekedar untuk bermain game saja. Tapi tentu kita tahu bahwa harga laptop juga tidaklah murah. Jadi kita harus berusaha agar laptop bisa terus berfungsi dengan baik sehingga bisa selalu kita gunakan.

Kalau laptop sudah rusak maka tentu saja kita harus membawanya ke jasa service laptop. Untungnya jasa servis laptop saat ini sudah bisa mengatasi semua jenis kerusakan di dalam laptop.

Hanya saja untuk setiap tingkat kerusakannya ada harga perbaikan yang berbeda. Tentunya anda tidak mau mengalami kerusakan laptop yang memerlukan biaya perbaikan yang sangat mahal.

Oleh karena itu supaya laptop anda bisa digunakan ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dari penggunaannya. Hal yang paling pertama yang perlu anda perhatikan adalah di mana anda meletakkan laptop.

Jangan sampai anda mengatakan laptop di atas permukaan kain. Permukaan kain sangat cepat membuat laptop menjadi panas. Hal itu dikarenakan permukaan kain tidak rata dan sering menutupi lubang angin yang ada di bagian bawa laptop.

Kalau kamu sampai harus menggunakan laptop diatas permukaan kain maka sebaiknya gunakanlah alas laptop yang memiliki kipas. Atas laptop seperti ini bisa sangat membantu untuk mengurangi pemanasan yang terjadi di dalam laptop.

Hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah lama waktu penggunaan laptop. Jangan menggunakan laptop dalam kurun waktu yang terlalu lama. Jika anda sudah menggunakan laptop selama 3 jam lebih maka sebaiknya anda menutup laptop dan mengistirahatkannya selama 15 menit.

Begitu juga dengan pemakaian laptop dalam sehari jangan melebihi hingga 15 jam. Jika sudah menggunakan laptop dalam waktu yang sangat lama seperti ini maka sangat dianjurkan untuk segera mematikan laptop dan mengistirahatkan untuk dipakai kesokan harinya.

Hal yang bisa kita lakukan untuk membuat kita menjadi lebih awet adalah dengan rajin membersihkan laptop tersebut. Jika kita jarang membersihkan laptop maka kemungkinan debu akan sering menumpuk di permukaan datar sehingga bisa terhisap masuk kedalam lubang udara.

Debu-debu yang bisa masuk ke dalam lubang udara ini bisa menempel di dalam komponen dan akan mengakibatkan laptop menjadi cepat panas. Laptop menjadi cepat panas karena permukaan nya tidak didinginkan langsung oleh aliran udara.

Untuk memastikan bahwa tetap kita bersih maka tidak ada salahnya membawa laptop kita ke tempat servis laptop untuk dibersihkan bagian dalamnya setiap 6 atau 8 bulan sekali. Ini akan membantu kita mendapatkan laptop yang terus berfungsi dengan prima.

Hal lain yang sering tidak diperhatikan oleh para pemilik laptop adalah spesifikasi dari software yang mereka install. Jika kita menginstal software dengan spesifikasi yang sangat tinggi dan berada di atas spesifikasi dari laptop kita, maka laptop kita akan bekerja ekstra keras untuk menjalankan software tersebut. Itu berarti laptop akan terus berada dalam kondisi panas berlebih.

Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan spesifikasi dari software yang akan anda instal. Tapi jika laptop anda sampai bermasalah maka sebaiknya segera dibawa ke jasa service laptop.

Untuk anda yang berdomisili di kota bandung bisa membawa laptopnya ke plaza bandung. Di plaza bandung ini ada banyak sekali jasa service laptop yang bisa membantu anda untuk memperbaiki kerusakan yang dialami oleh laptop anda.

Jasa service laptop yang melayani Cimahi dan Bandung ini sudah tergolong jasa service profesional, yang mempunyai peralatan yang lengkap dan juga tenaga teknisi yang terampil berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *