MANFAAT YOGA UNTUK TUBUH KITA

Yoga menawarkan manfaat kesehatan fisik dan mental bagi orang-orang dari segala usia. Yoga juga sering digunakan menjadi bagian integral dari perawatan penyakit, terapi pemulihan dari operasi dan telah terbukti mempercepat proses pemulihan Anda pasien. Lalu sebenarnya apa saja manfaat yoga yang dapat kita peroleh? Yuk, kita simak.

  1. Yoga membantu meredakan sakit punggung. – Yoga memiliki banyak gerakan peregangan dasar untuk meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas bagi penderita nyeri punggung bawah. Hasil studi menunjukkan bahwa yoga sangat baik untuk mengobati nyeri punggung bawah kronis. Cobalah pose Cat-Cow –

    Lakukanlah posisi merangkak, letakkan telapak tangan di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Pertama, tarik napas, lalu lengkungkan punggung anda ke bawah. Kemudian, buang napas dan lengkungkan punggung anda ke atas seperti kucing yang sedang merenggangkan tubuhnya.
  2. Yoga baik untuk kesehatan jantung. – Latihan yoga yang teratur dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, sehingga jantung anda dapat memiliki kondisi yang lebih sehat. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih, yang tentunya dapat di atasi dengan latihan yoga secara teratur.

    Cobalah pose Downward Dog Pose. Ambil posisi merangkak, lalu angkat pinggul anda dengan bertopan pada tangan dan kaki anda sehingga tubuh anda membentuk segitiga. Tekuk sedikit lutut anda agar tidak terlalu tegang.
  3. Yoga bisa membuat anda lebih berenergi dan suasana hati yang lebih cerah – Dengan latihan yoga secara teratur, Anda dapat merasakan energi mental dan fisik yang meningkat, kewaspadaan dan antusiasme yang meningkat, dan lebih sedikit perasaan negatif.
  4. Yoga menghubungkan Anda dengan komunitas yang suportif – Berpartisipasi dalam kelas yoga dapat menghilangkan rasa sepi dan menyediakan lingkungan sosial yang saling mendukung. Bahkan melakukan yoga secara pribadi pun dapat membantu anda merasa tenang.
  5. Yoga meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan fleksibilitas. Gerakan lambat dan sistem pernapasan dalam yoga dapat meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot. Postur yoga yang membuat anda menahan beban berat anda sendiri membantu tubuh anda untuk membangun kekuatan dengan beban yang tepat dan tidak berlebihan.

    Seperti misalnya pada Tree Pose. Pada pose tree pose anda berdiri dengan satu kaki sambil menahan kaki lainnya di betis atau di atas lutut. Cobalah untuk menjaga keseimbangan anda selama 1 menit dalam pose ini.
  6. Yoga dapat meredakan gejala radang sendi – Gerakan yoga yang lembut telah terbukti meredakan rasa nyeri penderita osteoarthritis.
  7. Yoga membuat Anda rileks dan membantu Anda tidur lebih nyenyak – Penelitian menunjukkan bahwa latihan yoga yang konsisten sebelum tidur dapat membantu Anda memiliki pola pikir yang tenang dan mempersiapkan tubuh Anda untuk tidur dengan nyenyak.

    Cobalah pose : Legs-Up-the-Wall Pose. Bersandarlah di lantai dan angkat kaki anda tegak lurus bersandar pada dinding. Cobalah menahan posisi ini selama 5 hingga 15 menit.

Jadi ada banyak sekali manfaat Yoga yang bisa kita rasakah jika kita mau rutin melakukan aktifitas ini. Yoga bisa memperlancar aliran darah dan juga memperkuat tubuh kita dengan aktifitas-aktifitas low impact.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *