Manfaat Dan Fungsi Sholat Hajat

Apa Saja Sih Manfaat Dan Fungsi Sholat Hajat Itu?

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat jika kita melakukan sholat hajat, baik dari segi lahir maupun segi batiniah, fungsi dari sholat hajat yaitu menambah keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa Selain itu kita juga akan mendapatkan banyak pahala karena sholat hajat ini sangat dianjurkan bagi kaum muslimin dan muslimat, untuk melakukannya memang sangat mudah namun melakukan secara terus menerus dibutuhkan keinginan yang kuat dan juga iman yang tinggi.

Siapa saja yang melakukan sholat hajat ini dan kemudian memohon dengan sangat merendahkan diri kepada Allah maka dengan keyakinan yang ditanamkan dalam hati pasti semua keinginan atau permohonan akan dikabulkan, namun perlu diketahui juga semua permintaan atau doa yang kita panjatkan tidak semuanya langsung dikabulkan namun bisa juga disimpan untuk akhirat nanti.

Berikut merupakan beberapa manfaat dan fungsi sholat hajat yang ingin saya sampaikan :

Secara Lahiriyah

jika kita melaksanakan apa yang dianjurkan yaitu sholat hajat ada manfaat dan fungsi yang akan kita rasakan dalam fisik tubuh kita, fungsi dan manfaat sholat hajat secara lahir yaitu untuk mendapatkan apa saja yang menjadi Keinginan kita atau hajat kita, memang dari sekian banyak tujuan yang paling utama dalam sholat hajat ini yaitu keinginan atau manfaat lahiriyah bisa dicontohkan seperti berikut.

1. Ada seseorang yang mempunyai hajat ingin jabatannya dinaikkan padahal Jika dilihat dari kemampuannya orang tersebut sangat terbatas sekali, selain kemampuan yang kurang mumpuni dia juga tidak memiliki kepandaian untuk mendapatkan kenaikan tingkatan tersebut, dan juga dia harus mengalahkan saingan nya yaitu pegawai lain dengan sangat ketat, lalu orang tersebut melaksanakan sholat hajat dengan sangat yakin, maka Allah pun mendengar dan mengabulkan hajat yang dia inginkan sehingga orang tersebut dinaikkan jabatannya.

2. Seorang siswa yang menghadapi ujian baik itu ujian kenaikan kelas maupun ujian akhir semester, siswa tersebut merasakan bahwa dirinya kurang percaya diri atas kemampuannya untuk menghadapi ujian tersebut, dia sangat takut akan kegagalan dalam melaksanakan ujian, sehingga dia melakukan sholat hajat dan memohon dengan sangat kepada Allah agar dalam Ujian nanti dia dapat menjawab semua pertanyaan dari penguji, dia berdoa dengan sungguh-sungguh dan akhirnya Allah memberikan apa yang diinginkan yaitu kelulusan dan dapat menjawab semua pertanyaan dengan sempurna, semua itu berkat kasih sayang Allah yang diberikan kepada siswa tersebut.

Secara Batiniah

sholat hajat juga sangat berpengaruh kepada batin seseorang jika dia melakukannya dengan sungguh-sungguh, fungsi dan manfaat sholat hajat untuk batin yaitu merasakan sesuatu dalam hati yang tidak bisa tampak namun tidak semua orang bisa merasakannya, karena semua itu tergantung pada kesungguhan hati orang yang melaksanakan salat tersebut.

Memang tidak harus semua salat itu bisa dirasakan dengan lahirnya namun secara batiniah juga pasti akan bisa dirasakan, secara logis jika kita melakukan kebaikan maka dalam lahir kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan juga batin akan mendapatkan ketenangan jiwa, seperti halnya melakukan sholat hajat tersebut bisa dirasakan secara lahiriyah dan juga batiniah tergantung bagaimana anda menilainya, berikut beberapa hal yang akan didapatkan melalui sholat hajat secara batiniah.

1. Diberikan hati yang tenang

2. Iman kita akan semakin tinggi kepada Allah Karena keyakinan Hati bahwasanya Pertolongan Allah pastilah ada.

3. Rasa berserah diri kita akan semakin kuat dengan semua yang menjadi ketetapan Allah, dan semua perkara atau hal yang diberikan oleh Allah kepada kita yang telah melakukan sholat hajat tersebut merupakan hal atau perkara yang memang menjadi pilihan Allah untuk kita.

Baiklah demikian sekilas mengenai Apa manfaat dan fungsi sholat hajat pada diri kita, Semoga apa yang saya bagikan ini dapat bermanfaat untuk para pembaca Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *