LAPORAN KASUS COVID-19 DI SULAWESI TENGAH, 11 OKTOBER 2020.

Kasus pasien positif virus corona atau Covid-19 di Sulawesi Tengah kembali menunjukkan peningkatan dengan bertambahnya kasus sebanyak 16 pasien baru yang tercatat pada hari minggu (11/10/2020).

Laporan jumlah pasien baru positif Covid-19 di Kota Palu, diungkapkan oleh juru bicara Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, dalam release yang yang dipublikasikan ke media berita online Sulawesi Tengah. Data perkembangan terbaru penanganan pandemik Covid-19 Sulteng menyatakan bahwa Sulawesi Tengah ketambahan 16 pasien baru positif tertular virus Corona.

Pada hari Minggu (11/10/2020), juru Bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina), Moh Haris Kariming mengatakan,”Hari ini 16 orang terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan sampel usap (swab).

16 orang itu berada di sejumlah daerah antara lain 13 orang di Kota Palu, satu orang di Kabupaten Sigi dan dua orang di Poso.” Dengan penambahan 16 kasus baru terkonfirmasi positif COVID-19 ini, maka secara kumulatif telah terdapat sebanyak 568 orang yang telah terinfeksi COVID-19, tersebar di seluruh daerah di Sulawesi tengah hingga saat berita ini di buat.

Dengan penambahan jumlah kasus baru ini pula maka diketahui jumlah komulatip warga Kota Palu yang telah terjankit virus Corona per hari Minggu (11/10/2020) telah mencapai 130 orang. Selain adanya pasien baru positif corona, Pusdatina Covids-19 Sulawesi Tengah juga mencatat empat pasien Covid-19 di Kota Palu telah dinyatakan sembuh.

Selain di Palu, pasien sembuh dari Covid-19 juga terjadi di dua kabupaten yang bertetangga dengan Kota Palu, Kabupaten Donggal yang juga masuk kategori zona merah mencatat satu warganya dinyatakan sembuh dari virus Corona.

Jumlah yang sama juga tercatat di data Kabupaten Sigi. Jadi dari 568 orang yang telah dinyatakan positif terjangkit virus corona di Sulawesi Tengah, 375 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh. Mereka telah diizinkan pulang dan kembali berkumpul dengan anggota keluarganya dan masyarakat namun harus menerapkan protokol kesehatan.

Adapun total pasien COVID-19 yang meninggal hingga saat ini di Sulawesi Tengah berjumlah 21 orang. Saat ini 172 orang menjalani isolasi, baik secara mandiri maupun di pusat pelayanan kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

Secara lebih rinci tercatat, RSUD Madani Palu saat ini merawat 35 orang pasien positif corona, RSUD Anutapura Palu sebanyak 20 pasien, RSUD Undata merawat 12 pasien dan RS Darurat Pemprov Sulteng merawat sebanyak 8 pasien.

Sementara itu sebanyak 870 sampel usap masih dalam pemeriksaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng di Palu.

Moh Haris Kariming berharap hasil pemeriksaan 870 sampel usap tersebut negatif COVID-19 agar tidak terjadi peledakan kasus COVID-19 di Sulawesi Tengah. Karena itu, ia mengimbau masyarakat agar mendukung tim pengawas Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah yang melakukan penelusuran terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *