KERUGIAN JIKA SALAH MEMBELI TIMBANGAN MOBIL

Jembatan timbang yang juga biasa kita kenal sebagai timbangan truk atau mobil adalah timbangan berskala besar yang biasanya digunakan oleh badan pengawasan jalan atau pun oleh industri-industri untuk menghitung berat muatan yang keluar masuk kawasan industrinya.

Timbangan ini memegang peranan yang sangat penting baik dalam melakukan pengawasan jalan atau pun dalam dunia industri. Karena pentingnya jadi tentu saja kita tidak boleh sembarang membeli jembatan timbang.

Ketika membeli jembatan timbang, hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah memilih jembatan timbang yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda. Jika anda sembarangan memilih maka ada banyak kemungkinan kerugian seperti:

  1. Platform patah. Platform yang tidak kuat akan mudah melengkung meskipun kendaraan yang ditimbang masih dalam rentang kapasitasnya. Platform yang melengkung ini lama kelamaan akan melengkung secara permanen dan pada akhirnya dapat patah ketika digunakan.
  2. Load cell cepat rusak. Platform yang terbuat dari bahan yang tidak kuat dan bersifat lentur akan mengirim sinyal yang tidak stabil pada loadcell sehingga bebang pada loadcell juga menjadi tidak merata dan cepat rusak. Proteksi anti petir yang kurang berkualitas juga tidak dapat melindungi load cell dengan baik ketika terjadi sambaran petir.
  3. Indikator tidak dilengkapi dengan safety kalibrasi, fuse lighting, insufficient voltage, backup unit dan identifikasi error sehingga tidak dapat menjalankan fungsinya sebagai indikator secara maksimal.
  4. Sulit dibersihkan karena maintenance control, control stopper dan jalur pembersihan tidak tersedia.
  5. Cepat rusak. Jembatan dibuat menggunakan bahan yang tidak tahan lama sehingga cepat rusak atau pun tidak akurat. Hal ini juga berujung pada pemborosan untuk pembelian part baru atau bahkan penggantian secara keseluruhan.
  6. Kurangnya layanan after sale. Kesalahan saat memilih tempat jual timbangan mobil dapat berujung pada layanan after sale yang tidak memuaskan. Oleh karena itu, pastikan anda membeli timbangan mobil pada tempat jual timbangan mobil yang handal dan terpercaya.
  7. Tidak akurat. Terkadang ada timbangan mobil mengklaim terbuat dari platform baja padahal sebenarnya hanya terbuat dari plat press. Platform yang tidak kuat ini dapat mengirim informasi beban pojok yang berbeda-beda sehingga hasil penghitungan menjadi tidak akurat.
  8. Software yang tidak aman. Software pada timbangan mobil ditujukan untuk menyimpan data secara aman dan memudahkan proses administrasi. Namun terkadang software yang disertakan dalam komputer tidak terprogram secara baik sehingga mudah di manipulasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
  9. Tidak ada surat legalitas. Suplier jembatan timbang yang baik harus memberikan surat legalitas tera metrology ketika pemasangan. Jadi jika anda salah memilih tempat untuk membeli timbangan mobil, maka anda bisa tidak mendapatkan surat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *