KELEBIHAN KAIN TENCEL SEBAGAI BAHAN SPREI

sprei tencel

Tencel sebenarnya merupakan sebuah merk dagang perusahaan Lenzing AG yang memproduksi serat Lyocell. Dalam perkembangannya nama merek Tencel ini lebih melekat pada produk dibandingkat nama seratnya, sehingga orang-orang lebih mengenal bahan ini dengan nama Tencel.

Tencel adalah jenis bahan yang sering digunakan untuk membuat pakaian, sprei dan juga bedcover tencel. Penasaran dengan Tencel? Ayo kita bahas lebih lanjut lagi tentang serba-serbi kain tencel ini.

sprei tencel

Kain tencel termasuk dalam jenis kain kelas premium. Kain tencel merupakan jenis kain regenerasi karena dibuat dari hasil regenerasi serat kayu. Dari segi bahan, tencel memiliki kesamaan dengan rayon dan bamboo yang juga termasuk dalam jenis kain regenerasi.

Namun, berbeda dengan rayon dan bamboo, kain tencel memiliki segudang kelebihan yang membuatnya termasuk dalam kelas kain premium dan dapat dikatakan memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan bamboo dan rayon. Karena kualitasnya, tencel juga dikenal sebagai sutra organis di toko sprei dan bedcover.

Dari segi bahan dan proses pembuatannya, kain tencel termasuk jenis kain yang ramah lingkungan. Proses pembuatannya tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak akan mencemari lingkungan dan juga sangat sesuai bagi anda yang memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan kimia berbahaya.

Kelebihan lain dari bahan tencel yang membedakannya dari jenis kain lainnya adalah sifatnya yang fleksibel, tahan lama dan juga lembut di kulit.

Secara garis besar, kain tencel dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni tencel lyocell dan tencel modal. Tencel lyocell. Tencel lyocell memiliki serat yang lembut dan nyaman, sehingga dapat dipadukan dengan berbagai jenis serat lainnya. Biasanya serat Lyocell dikombinasikan dengan serat katun, poliester dan akrilik.

Selain teksturnya yang lembut dan nyaman di kulit, Tencel lyocell juga memiliki daya serap yang sangat baik. Tencel modal memiliki kualitas yang sedikit lebih baik dari tencel lyocell sebab tencel modal memiliki tekstur yang lebih halus dan nyaman dibandingkan tencel lyocell.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah kelebihan-kelebihand dari kain Tencel:

  1. Serat tencel sangat kuat, baik dalam keadaan basah atau pun kering.
  2. Karena terbuat dari bahan organik, tencel memiliki karakteristik handfeel, yakni tekstur yang lembut di kulit. Karena karakternya inilah kain tencel banyak digunakan sebagai bahan pembuatan pakaian, sprei dan juga bedcover.
  3. Menyerap warna dengan sangat baik sehingga tidak mudah luntur atau pudar walau sudah dicuci berkali-kali
  4. Nyaman digunakan karena memiliki sifat alami yang dapat mengatur suhu yang tepat untuk tubuh.
  5. Tencel menyerap kelembapan dengan sangat baik, sehingga kain tencel tidak dapat ditumbuhi bakteri, ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh sprei dan bedcover tencel di mana sprei dan bedcover biasanya hanya di cuci sekali seminggu atau bahkan hanya sekali dalam dua minggu jika anda tidak memiliki waktu untuk mencucinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *