Jenis Valve Pipa Untuk Pabrik

Pada saat anda membuat sebuah sistem pipa tentunya anda menginginkan agar sistem pipa tersebut bisa anda kendalikan sesuai dengan kebutuhan. Salah satu komponen yang berperan sangat penting dalam pengendalian operasional pipa adalah valve. Valve bisa digunakan untuk mengatur debit atau aliran air di dalam pipa sekaligus juga untuk mengatur tekanan di dalam sistem pipa.

Valve ini ada bermacam-macam jenisnya dan biasanya valve ini didesain untuk fungsi-fungsi yang khusus.

Valve gate, ini adalah jenis valve yang digunakan untuk mengeluarkan isi atau tekanan dari dalam pipa. Disebut sebagai valve gate karena biasanya valve ini dipasang pada ujung-ujung pipa. Ini biasanya digunakan pada sistem pipa untuk bendungan, waduk, irigasi dan lain sebagainya.

Globe valve adalah merupakan jenis valve yang biasanya diletakkan pada bagian tengah pipa. Jadi berbeda dengan gate valve yang diletakkan pada bagian ujung pipa, pemasangan dari globe valve diposisikan pada bagian tengah pipa sebagai komponen pengaman. Jadi kita bisa melakukan lokalisir masalah jika diperlukan perbaikan pada bagian tertentu dari sistem pipa.

Ball valve merupakan valve pipa yang komponen utamanya adalah sebuah bola yang dihubungkan dengan poros putar. Bola ini bertujuan untuk mengatur debit air yang masuk ke dalam pipa sekaligus mengarahkan arah aliran dari air tersebut

Butterfly valve adalah valve yang dibuat khusus untuk sistem pipa dengan tekanan rendah. Biasanya dipasang pada sistem pipa yang diisi hanya setengah dari kapasitasnya. Butterfly valve ini tidak dapat digunakan pada pipa yang mempunyai tekanan yang besar, karena akan merusak butterfly valve itu sendiri.

Check valve adalah sebuah jenis valve pipa yang berfungsi untuk mendeteksi jika terjadi aliran balik di dalam pipa. Hal ini sangat diperlukan untuk mencegah naiknya tekanan dalam pipa secara berlebihan yang bisa berakibat pada peledakan sistem pipa.

Safety valve adalah sebuah sistem valve yang didesain secara khusus untuk menghentikan aliran air atau gas yang diisikan ke sebuah penampungan. Pada saat penampungan tersebut sudah penuh. Sistem ini sangat diperlukan dalam sop pipa-pipa industri karena dapat mencegah permasalahan yang berakibat fatal di dalam sistem pipa.

Jadi ini adalah jenis-jenis valve pipa yang tersedia saat ini. Anda tidak akan bisa membeli pipa seperti ini di toko toko bahan bangunan pada umumnya. Untuk membeli pipa seperti ini anda harus mengunjungi distributor resmi valve pipa industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *