Do’a Sebelum Membaca Surat Yasin

Do’a apa yang anda baca sebelum memulai membaca surat yasin? Apakah ada bacaan atau do’a yang dianjurkan sebelum kita mulai membaca surat yasin atau surat lainnya didalam al quran?

Didalam artikel ini, kita akan membahas hal tersebut. Karena jika memang ada contohnya, maka sebaiknya kita mengamalkannya, tapi jika memang tidak ada maka kita tidak perlu mengada-adakannya.

Doa Sebelum Membaca Surat Yasin

Didalam islam, kita melakukan dan tidak melakukan sesuatu karena ada perintah dari Allah SWT dan Rasulullah SAW.

Adapun tentang do’a sebelum membaca al quran termasuk didalamnya surat yasin, ternyata Allah SWT sendiri yang mengatakannya didalam sebuah ayat didalam al quran, tepatnya surat An Nahl ayat ke 98:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“Apabila kamu membaca al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)

Didalam ayat tersebut dengan jelas Allah SWT menyuruh kita untuk meminta perlindungan kepada-Nya (membaca ta’udz) setiap kita membaca al quran.

Selain itu kita juga disunnahkan untuk membaca Bismillahirrohmanirrohiim setiap awal surat, terkecuali surat at taubah.

Imam An Nawawi mengatakan:

وينبغي أن يحافظ على قراءة بسم الله الرحمن الرحيم في أول كل سورة ، سوى براءة فإن أكثر العلماء قالوا إنها آية حيث تكتب في المصحف ؛ وقد كتبت في أوائل السور سوى براءة

Selayaknya dijaga untuk membaca bismillahirrahmanirrahim di setiap awal surat. Kecuali surat at-Taubah. Karena mayoritas ulama mengatakan, ini adalah satu ayat (khusus) yang ditulis di mushaf. Dan ayat ini ditulis di semua awal surat, kecuali at-Taubah. (at-Tibyan fi Adab Hamalah al-Quran, hlm. 81).

Itulah 2 anjuran bacaan atau doa ketika akan membaca al quran yang ditemukan keterangannya atau dalilnya. Yakni membaca Ta’awudz (A’udzubillahi mina syaitoonirrojiim) dan Basmallah (Bismillahirrohmanirrohiim).

Jadi mulai sekarang, ketika anda akan membaca surat yasin maupun surat-surat lainnya didalam al quran, mulailah membaca doa atau bacaan diatas ya.

Catatan: Lagi cari aplikasi android surah yasin? Silahkan klik link berikut: Aplikasi surat yasin

Sampai disini artikel kali ini, mudah-mudahan bermanfaat. Jika berkenan silahkan share artikel ini ke media sosial anda.

Kebenaran datangnya dari Allah SWT, dan kesalahan datangnya dari Manusia. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari kesalahan dan selalu ditunjukkan kepada kebenaran. Wallahu A’lam Bish Shawab.

Sumber: islamdownload.net/127061-doa-ketika-akan-membaca-quran.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *