Cara Mendaftar Sertifikat SMK3

Saat ini ada banyak perusahaan yang berusaha mendapatkan sertifikat SMK3. Ini adalah sebuah sertifikat yang menandakan perusahaan tersebut sudah memenuhi sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Sertifikat SMK3 ini akan sangat membantu perusahaan tersebut untuk mendapatkan penilaian yang baik di departemen tenaga kerja.

Jika sebuah perusahaan tidak mempunyai sertifikat SMK3 ini maka perusahaan tersebut akan sangat kesulitan untuk bersaing dalam perebutan tender yang diadakan oleh pemerintah. Sertifikat SMK3 ini juga sebenarnya membawa keuntungan bagi para pemilik perusahaan karena para pekerja akan lebih terlatih dalam hal keamanan dan keselamatan kerja.

Itu berarti akan lebih sedikit resiko kecelakaan kerja yang terjadi. Hal ini bisa menghindarkan perusahaan dari berbagai tanggung jawab yang akan menyusul jika terjadi kecelakaan. Jadi bagaimana sebuah perusahaan bisa mendapatkan sertifikat SMK3 ini. Untuk mendapatkan sertifikat SMK3 ini sebuah perusahaan harus mendaftar ke sebuah lembaga audit SMK3 yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

Lembaga audit SMK3 ini akan mendatangi perusahaan tersebut dan melakukan beberapa survei baik itu ke jajaran manajemen dan juga bekerja di sebuah perusahaan harus sudah menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja setidaknya selama 3 bulan sebelum bisa mendapatkan penilaian atau audit ini.

Adapun perusahaan yang diwajibkan untuk mendapatkan sertifikat SMK3 ini adalah perusahaan yang memang sangat terkait dengan resiko pekerjaan yang sangat tinggi. Jadi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi, pertambangan, minyak dan gas, kelistrikan, dan lainnya harus mendapatkan sertifikat SMK3 ini.

Perusahaan-perusahaan yang tidak mempunyai sertifikat ini bukan hanya akan kesulitan mendapatkan tender namun juga bisa saja mendapatkan sanksi jikalau terjadi kecelakaan kerja. Jadi jika anda ingin mengurus sertifikat SMK3 ini anda bisa segera membuat jadwal temu dengan lembaga audit sertifikat SMK3 yang ada di kota anda pastikan anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan untuk lulus dalam penilaian sertifikat SMK3 ini di industri anda.

Karena walaupun anda membayar untuk mendapatkan sertifikat SMK3 ini tidak ada jaminan anda akan mendapatkan sertifikat yang anda inginkan jikalau anda dan perusahaan anda tidak lulus dalam penilaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *