Alasan Semakin Banyak Peminat KPR Syariah

Meski pertumbuhan KPR Syariah saat ini tidak sebesar KPR konvensional, namun lambat laun KPR ini semakin diminati. Beberapa bahkan mengalihkan pembayaran KPR rumah mereka dari bank konvensional ke bank syariah.

Jika Anda juga tertarik untuk menggunakan produk pembiayaan ini, tentunya anda perlu mengetahui apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan dari sistem syariah ini. Berikut ini beberapa keuntungan dari sistem KPR syariah.

Tidak ada bunga

Alasan hampir semua pengguna KPR Syariah memilih sistem ini karena sifatnya yang bebas bunga atau interest. Mungkin sobat penasaran dari mana bank syariah mendapatkan keuntungan.

Kurangnya bunga bukan berarti bank syariah tidak bisa untung. Prinsip transparansi menjelaskan di awal semua komponen biaya, sehingga nasabah mengetahui berapa jumlah keuntungan bank, pembayaran pokok dan komponen biaya bank lainnya.

Uang muka yang lebih rendah

Uang muka KPR Syariah lebih mudah dibandingkan KPR konvensional. KPR ini memungkinkan nasabahnya mendapatkan DP hanya dengan 10%, sedangkan KPR konvensional biasanya minimal 15%.

Kelonggaran ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum milenial, karena mereka bisa dengan mudah memiliki rumah tanpa harus repot mencari dana lagi untuk uang muka.

Nah, buat teman-teman milenial saya yang berencana membeli rumah, simak dulu audio book keuangan saya di bawah ini. Spanduk – Milenial tidak bisa membeli rumah, siapa bilang

Jumlah pembayaran tetap

Hal lain yang menarik dari KPR Syariah, yaitu jumlah pembayaran tetap setiap bulan sampai pelunasan. Tidak adanya sistem suku bunga membuat pembeli membayar dalam jumlah yang tetap tanpa terpengaruh oleh fluktuasi suku bunga Bank Indonesia.

Di bank konvensional, ada kalanya suku bunga menjadi mengambang (melonjak). Periode ini menyebabkan pembayaran bulanan meningkat dalam nilai nominalnya.

Tidak ada penalti

Tidak sedikit nasabah yang akhirnya membayar cicilan KPR sebelum jatuh tempo. Jika dilakukan di bank biasa, maka orang tersebut akan dihukum.

Biasanya jumlah yang terkumpul adalah 1% – 2% dari total sisa hutang yang dilunasi. Jadi, jika sisa pembayarannya Rp 500 juta, maka biaya penaltinya Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Namun, jika Anda menggunakan KPR Syariah, tidak akan ada biaya seperti itu.

Bisa melakukan perencanaan keuangan

Keuntungan ini didapat karena jumlah pembayaran yang tetap setiap bulannya. Sebuah keluarga dapat merencanakan keuangannya tanpa khawatir nominal pembayaran akan meningkat pada bulan tertentu.

Arus kas rumah tangga Anda akan stabil meskipun Anda bergantung pada KPR Syariah ini.

Inilah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika membeli rumah dengan sistem KPR Syariah. Saat ini ada banyak pengembang di Bekasi yang menawarkan rumah dengan sistem Syariah.

Sistem KPR rumah syariah ini memang mulai banyak peminatnya di kota Bekasi; hal ini membuat banyak pengembang seperti Agung Sharea Property yang menawarkan rumah-rumah mereka dengan sistem Syariah. Rumah syariah di Bekasi yang saat ini menarik minat banyak pembeli adalah Rumah Syariah Jatisari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *