3 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner

Usaha kuliner termasuk jenis bisnis sepanjang masa. Artinya usaha yang satu ini tidak ada istilah matinya. Selama orang masih butuh dengan makanan siap saji, maka selama itulah bisnis kuliner akan tetap eksis.

Oleh karena itulah usaha kuliner banyak bertebaran dimana-mana. Apalagi negara kita terkenal dengan makanannya yang enak. Kemanapun anda menuju, baik ke desa terpencil, maupun ke pusat kota yang padat penduduk, pasti akan anda temui ada pedagang kuliner disana.

Nah, karena begitu banyaknya orang membuka usaha kuliner ini, sehingga persaingan yang ketat jadi tidak bisa di hindari. Untuk bisa memenangkan persaingan tersebut, maka perlu kiat dan strategi khusus. Ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi anda yang berkecimpung di bidang bisnis ini.

Apa sajakah kiat sukses berbisnis kuliner tersebut? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Untuk mampu bersaing, maka anda harus:

1. Mampu menyajikan cita rasa yang lezat pada menu kuliner anda.

Ini adalah kunci paling utama yang harus diperhatikan. Ibarat bangunan, maka ini seperti tiang dan pondasinya.

Untuk memahami betapa pentingnya urusan cita rasa pada usaha kuliner ini, maka saya akan beri ilustrasi seperti berikut:

Mungkin anda pernah melihat sebuah warung bakso yang letaknya terpencil di dalam gang, namun anehnya warung bakso itu selalu dibanjiri oleh para pembeli setiap harinya. Bahkan sampai mereka rela antri!

Padahal dijalur jalan utama (arah depan dari gang lokasi warung bakso itu), juga ada kompetitor warung bakso lainnya. Kompetitor ini warungnya lebih besar, dan lokasinya lebih strategis, namun herannya orang-orang tetap saja pergi menuju ke warung bakso yang ada di dalam gang sempit itu.

Selidik punya selidik, ternyata penyebabnya adalah cita rasa bakso yang didalam gang itu sangat lezat sekali. Jauh mengalahkan cita rasa bakso kompetitor yang ada jalanan strategi itu.

Itulah sedikit gambaran bahwa betapa pentingnya urusan cita rasa yang lezat pada usaha kuliner. Jika ada diantara Anda yang kebetulan pengusaha kuliner bakso, maka penting bagi anda untuk mengetahui cara membuat bakso yang enak, agar Anda mampu memenangkan persaingan dengan kompetitor Anda.

2. Terus berusaha belajar dan mengasah ilmu resep masakan dibidang usaha kuliner anda.

Jika ada diantara Anda yang baru buka usaha kuliner, maka bisa jadi kendala yang anda alami adalah masalah cita rasa tersebut. Hal ini sebenarnya sangat wajar sekali, terlebih jika anda masih pengusaha kuliner pemula yang baru coba-coba buka usaha sendiri setelah sekian lama belajar usaha kuliner kepada kerabat atau teman anda.

Untuk bisa ahli meracik bumbu memang butuh waktu yang lama. Pada umumnya orang-orang yang berhasil menciptakan menciptakan resep makanan yang lezat setelah menjalani berbagai percobaan dan praktek selama bertahun-tahun.

Misalnya seperti seorang pedagang nasi goreng. Ada pedagang nasi goreng yang racikan masakannya sangat lezat sekali, sehingga usaha nasi gorengnya selalu ramai dikerubungi pembeli.

Setelah ditelusuri lebih lanjut dan ditanyakan kepada yang bersangkutan, ternyata dia berhasil menciptakan bumbu yang luar biasa itu setelah melakukan percobaan resep nasi goreng selama bertahun-tahun. Sempat beberapa kali mengalami kegagalan, namun karena kegigihannya dalam mencoba, akhirnya berhasil juga menciptakan resep nasi goreng yang lezat tersebut.

Oleh karena itu, jika ada diantara Anda yang pedagang nasi goreng, maka penting bagi anda untuk terus berlatih cara membuat nasi goreng yang lezat. Bila racikan bumbu yang luar biasa itu sudah berhasil anda ciptakan, maka jangan kaget bila nanti usaha nasi goreng anda dikerubungi oleh pembeli. 😊

3. Terus berinovasi untuk mengembangkan usaha kuliner anda menjadi lebih besar lagi.

Nah ketika telah berhasil menciptakan racikan resep masakan yang lezat dan mampu menggaet pelanggan setia yang antri berbelanja di usaha kuliner anda, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah berfikir untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Cara terbaik untuk mengembangkan bisnis kuliner adalah dengan membuat sistem franchise (atau waralaba kata orang Indonesia).

Dengan membuat sistem franchise/waralaba, maka usaha kuliner anda akan bisa berkembang menjadi belasan, puluhan, bahkan ratusan cabang. Ini sangat memungkinkan terjadi, karena sistem waralaba itu adalah bentuk kerjasama dengan orang lain. Jadi pada sistem franchise/waralaba ini anda sudah tidak bekerja sendiri lagi.

Untuk dapat memahami bagaimana dahsyatnya bisnis franchise/waralaba jika sudah berkembang pesat, anda bisa melihat contohnya pada usaha franchise makanan terlaris yang ada di Indonesia. Mereka yang telah sukses membangun bisnis franchise itu mampu meraih omset ratusan juta hingga miliaran rupiah per bulannya.

Demikianlah 3 kiat sukses berbisnis kuliner. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semuanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *